To Do List – Liburan Juni 2012

Libur sudah menjelang… sebenarnya Senin depan 25 Juni sudah mulai, walaupun seperti biasalah, yang libur 100% murid-murid; seperti yang diajarkan oleh teman saya, Libur itu apaaa…?

Kali ini hanya daftar ringkas berisi topik-topik menarik yang saya temukan selama beberapa bulan ini, sebagian kecil saya peroleh jauh lebih lama lagi namun apa daya, belum sempat dieksplorasi mendalam. Topik-topik ini kemungkinan kandidat untuk artikel berikutnya selama liburan –atau setelahnya, jika tidak sempat😈

  1. Raspberry Pi. Barang yang satu ini sudah saya dambakan sejak rilis resmi, Februari lalu; hanya saja, karena –seperti biasalah– di Indonesia mungkin belum ada (paling tidak sampai saat ini) jadinya saya cuma bisa gigit jari. Murah, harga dasarnya $35 saja, mungkin sampai di sini kira-kira (pantasnya) ya $45 maksimum; ini kurang lebih Rp 450.000, masih kuat beli hehe. Tinggal menambah SD card, I/O dan monitor. Entahlah kapan terealisasi, takutnya keburu si duit terpakai untuk keperluan lain-lain. Sumber utama: web resmi Raspberry Pi, Element14, dan RS Components. Yang saya sukai: kecil, mobile, hemat listrik dan murah😀
  2. Review tools Windows open source pilihan penunjang produktifitas. Saya kira sampai saat ini pun masih banyak ya pemakai Windows; pemakai Linux pun ada yang masih mempertahankannya walaupun hanya untuk gaming. Sebagai orang yang sesekali masih memakai Windows juga, saya ingin berbagi temuan, yang jujur  saja, beberapa malah belum saya eksplorasi lebih mendalam. Kecil ukurannya, tidak perlu diinstal dan nyata gunanya. Contohnya AutoHotkey; sementara ini silakan saja baca sendiri di web resminya. Bagi yang tertarik melihat daftar lengkapnya, silakan merujuk ke “50 Open Source Tools; Desktop Download“.
  3. Mari menggunakan Git untuk back-up konfigurasi komputer dan data. Nah, meskipun saya sudah lama memakai CVS, tetapi penggunaannya masih sebatas untuk mengelola source code proyek kecil-kecilan (tidak lebih dari proyek berlatih bahasa pemrograman tertentu). Ide menggunakan versioning system untuk back-up data dan konfigurasi komputer sudah beberapa waktu ngendon di kepala; ada baiknya segera dipelajari dan diujicoba kemungkinan implementasinya. Tampaknya Git lebih baik dari CVS.
  4. LaTeX. Hehe, “barang” apa ini? Hm, yang saya inginkan saat ini sekedar mencoba menulis pengalaman saya selama menggunakan LaTeX –saat ini saya masih dan intens memakainya. Tidak untuk menjadi buku yang diterbitkan atau apa sih, hanya sekedar untuk arsip, karena saya mulai sering lupa cara melakukan ini dan itu di LaTeX jadi saya pikir mengarsipkan pengalaman memakai adalah ide yang cukup bagus.
  5. Nah, jangan lupa… bulan Ramadhan sudah di ambang pintu; tidak ada jeleknya berencana atau berniat melakukan satu dua persiapan. Mosok mau liburan saja ada “to do list” tapi menjelang Ramadhan tidak?:mrgreen:

Ini saja dulu, makin banyak nanti makin nggak jelas mana yang akan dieksekusi😆

Creative Commons LicenseTo Do List – Liburan Juni 2012 by Fathoni Wahyu Utama, S.Kom is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 3.0 Unported License.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s