SalafiDB-4 reviewed

salafidb4_reviewed-01

Greeting screen

Beberapa hari yang lalu saya ikut berpartisipasi dalam acara pondok Romadhon di sekolah, sebagai… hehe, sebagai “ustadz” —istilahnya. Intinya ngisi materi; nggak main-main, materi aqidah…😕

Saya tak punya buku “catatan” kalau bicara agama, dan ya, saya pun tidak punya buku catatan tentang komputer yang notabene bidang saya. Saya emang pemalas sih soal catat-mencatat sejak jaman kuliah —era SMA beda, saya rajin & tulisan saya “bersaing” loh dengan teman-teman cewek:mrgreen:

Karena bicara agama itu musti punya dasar alias dalil, maka tak adanya catatan ini memusingkan juga; buku bacaan pun juga tidak. Ah, seperti biasanya: Google jadi andalan😀
Oya, saya sudah kenal perangkat lunak ini sejak versi 3, kalau tak salah berkat jasa Olive-chan🙂 Sekarang saatnya review versi barunya.

Website resmi ada di sini, link download dan berita-berita terkait rilis sebelumnya tersedia dan ringan/cepat aksesnya (saya gak tau apa karena di googlepages atau bagaimana). Deskripsi resminya sebagai berikut:

SalafiDB adalah perangkat lunak yang berisikan Al-Qur’an, ribuan Hadits dan artikel-artikel salafi.

Dengan dilengkapi fasilitas telusur (search) dan jelajah (browse) seluruh dokumen, SalafiDB insya Allah akan membantu anda dalam memahami Al-Qur’an dan Assunnah.

Saya ambil / salin dari situs resminya.

Programnya ditulis dengan Java; bahasa yang dipakai pada artikel atau terjemahan Al-Quran agak bercampur Melayu). Secara umum, program ini adalah kumpulan dari 3 hal plus 1; yakni kumpulan dari Al-Quran, Al-Hadits dan artikel (salafi) dari berbagai sumber, plus, antarmukanya. Anda yang kurang faham tentang maksud “antarmuka”,
ucapkan dan fahami saja sebagai: fasilitas pencarian dan penjelajahan program ini sendiri.

Bagian Al-Quran sendiri meliputi teks arab dan terjemahan dalam 2 bahasa, Inggris dan Indonesia, serta masih ditambah dengan tafsirnya (Ibn Katsir) tetapi hanya dalam bahasa Inggris. Ada juga fasilitas “recitation“, yang secara default tidak disertakan bersama program ini, jadi Anda harus online. Untungnya, ada cara agar recitation itu dijalankan secara offline saja (diterangkan nanti). Pada artikel ini saya ulas poin terpenting saja, yaitu sedikit tentang instalasi, fitur recitation secara offline dan dasar-dasar pencarian.

Catatan instalasi; proses instalasi cukup mudah, terlalu mudah sehingga hanya terdiri dari ekstraksi saja. Tak ada pembuatan entri di start menu, tak ada tawaran pembuatan shortcut di desktop. Anda hanya akan ditanya satu hal: ini akan diekstrak di mana —dan defaultnya tidak langsung “C:\Program Files\SalafiDB\” seperti umumnya orang sangka. Saran saya, buat sendiri folder untuk menampungnya, atau arahkan saja ke “C:\Program Files\“; nanti akan tercipta folder “salafidb” yang berisi semua file hasil ekstraksi. Bagusnya, ini program tidak menambahkan apa pun ke registry Windows, dan memang tidak harus di “C:\Program Files\“. Letakkan di mana saja —secara teknis tak masalah— dan ia tetap akan bisa dijalankan.

Ukuran masternya sekitar 50 MB, tersedia untuk Windows dan Linux —distro independent. Jika itu terlalu berat untuk di-download sendiri, ya silakan titip teman yang punya akses internet cepat (jika Anda ada di Pontianak kota, minta salinan file masternya ke Olive-chan juga bisa). Setelah ekstrak, klik kanan di icon file exe-nya, pilih “Pin to Start menu“, beres dah…🙂

Kedua, tentang offline recitation. Intinya, recitation ialah (suara/bunyi) pengucapan ayatnya. Karena datanya tidak disertakan maka kita harus online; pilihannya cukup variatif, periksa menu “Preferences” lalu sub menu “Recitation“. Anda lihat, semua diawali “(online)“. Caranya ada di bagian help, silakan akses dan tujulah topik “Lain-lain“, lalu poin pertama, “File Audio Bacaan Ayat AlQur’an“.

Terakhir, dasar pencarian. Tidak sulit melakukan pencarian tentang sesuatu topik di sini, tetapi saya agak kurang puas dengan hasilnya, atau metodenya(?)

Oh ya, ada satu tombol yang bisa Anda pakai untuk menyorot kata kunci yang dicari, jika diaktifkan, nanti kata kunci yang dicari akan distabilo kuning. Yang masih saya cari-cari ialah: bagaimana menghidupkan fitur ini secara permanen, selama ini saya mesti harus menekan tombolnya manual. Dan satu lagi, apakah warnanya tidak bisa diubah menjadi warna biru, misal? Hehe, ini mah gak gitu penting…😆

Kita bisa mencari tentang sebuah kata kunci langsung di tiga hal tadi: Al-Quran, Al-Hadits dan di artikel. Masing-masing akan ditampilkan di tab tersendiri, tiap kali pencarian akan menempati satu buah window sendiri. Gunakan tanda kutip jika ingin mencari persis seperti yang Anda inginkan (jika menggunakan dua kata kunci atau lebih). Jika tidak dalam tanda kutip, maka dua kata itu (misalnya) akan dicari secara tersendiri; artinya, jika Anda berikan “siapa” dan “pencipta“, maka hasilnya adalah campuran semua yang berisi “siapa” dan “pencipta” —bukan yang berisi frase “siapa pencipta” saja.

Saya belum mencoba secara intensif penggunaan wildcard dalam pencarian.

Yang telah saya coba, misalnya, kata kunci “siapa sa*” (dengan diapit tanda kutip). Hasilnya:

  1. Dua ayat, yakni Al-Baqarah:158 dan Ali Imran:152. Yang pertama memang mengandung kata “siapa”, tetapi Ali Imran:152 tidak mengandung kata tersebut satu pun. Ini membingungkan saya; maksud saya dengan “siapa sa*” di atas ialah, apa saja yang mengandung “siapa sa“, terserah tambahannya. Dengan kata lain, hasilnya bisa meliputi: siapa saja, siapa saya, siapa santai, siapa sandal, siapa santet; dan termasuk “siapa sa” itu sendiri. Jika tanpa tanda kutip, nampaknya berhasil, tapi hanya untuk bagian “sa*” saja. Hasil yang saya peroleh adalah semua yang mengandung “sa“, misalnya “anggur dan sayur-sayuran” (‘Abasa:80) dan “Sesungguhnya Saqar itu adalah salah satu bencana yang amat besar” (Al-Muddatstsir:35). Sejauh ini saya tidak menemukan hasil yang mengandung “siapa“. Di sini, fitur untuk menyorot hasil pencarian kadang tak berfungsi (padahal kata yang dicari memang benar-benar ada).
  2. Banyak hadits, tetapi hasilnya lebih kacau lagi (terlalu umum). Kebanyakan menampilkan segala yang mengandung “sa“. Entah itu ada kata “siapa“-nya atau tidak…😕
  3. Banyak artikel, tetapi lagi-lagi terlalu luas; segala yang mengandung “sa” muncul.

Pada poin nomor 2 dan 3 di atas, fitur penyorot hasil pencarian lebih terganggu lagi. Tak bisa dipakai, tak ada efeknya ketika saya tekan tombolnya. Padahal, untuk membuktikan apakah sebuah teks mengandung kata kunci yang dicari atau tidak, fitur ini jadi andalan. Bayangkan, teks panjang, tak ada fitur highlight (saya lebih suka menyebutnya “highlight” saja). Capek.

Berikut ini salah satu contoh pencarian “asmaaul” (maksud saya mencari “asmaaul husna”, tapi takutnya jika dengan 2 kata kunci malah ribet).

Mencari "asmaaul"

Mencari 'asmaaul'

Secara umum, programnya enak dipakai (ya, ada hal-hal yang “tidak enak”, tetapi saya tidak tahu alternatifnya). Jika ada program serupa, saya ingin mencoba juga.

Versi untuk Linux belum saya coba karena versi 4 ini baru saja keluar —baru sempat nyicipin yang versi Windows.

Bagi yang memesan murottal high quality, beruntung sekali, saya sertakan master program ini plus file MP3 untuk offline recitation di dalam DVD pesanan Anda😉

Adzan maghrib berkumandang; so, selamat berbuka puasa —bagi yang puasa…:mrgreen:

18 responses to “SalafiDB-4 reviewed

  1. He..he ternyata gak saya sendiri yang partisipasi di pondok Romadhon….tuh nasibnya P.Fath hampir sama dg nasib sy tp agak beda dikit wkt cari dalil sy pake al-Quran digital…Sy kemarin Juga kebagian ngisi materi pondok Romadhon di tempat PPL materinya juga sama tentang aqidah dan ibadah….kemarin juga sempat kebingungan juga…cz biasanya ngajar komputer….Tapi Asik juga kemarin wkt ngisi materi selain ceramah tapi sy juga menerapkan metode drama, asik juga…kan wkt aqidah bab aqidah juga mbahas mengenai syirik, islam kejawen dan murtad…gak kurang akal waktu itu habis sy menyampaikan materi sy suruh bentuk kelompok untuk memainkan drama mengenai syirik, islam kejawen dan murtad…he..he anak2 juga kreatif2 pdhl spontanitas..
    untuk yang ibadah ya sy terangkan mengenai bab puasa, pada terpaku dan semangat smua waktu sy terangkan mengenai lailatul qodar……

    He…he tu pengalaman pertama sy ngisi materi pondok romadhon ??? untuk Pak Fath paling2 uda sering ya or bukan pengalaman pertama kan ???

  2. he…he awalnya gk punya ide atau bayangan untuk menuangkan di blog…tp setelah ngisi koment ini br punya ide tapi sayang bsk uda pulang (Kl nanti ada waktu tak tuangin k blog) trims… ya mudah2n disana segera nemu akses internet gratis kayak di sini…

  3. Awal2 ramadhan na dapat jdwal MC d masjid kampung, ga biasa ngomong d depan umum, pas waktu shubuh ngomongnya:
    “pengisi khutbah jumat kali ini..” kduprak!!
    Ya, jd pengalaman aja.🙂

  4. Perhatian-perhatian…..
    Diberitahukan kepada para penumpang RAL (Ramadhan Air Line) dg nomor penerbangan 1429H
    Bhw perjalanan akan ditempuh dalam waktu satu hari lagi.
    Ketinggian jelajah amal DILIPATGANDAKAN. Dengan 7an taqwa.
    Para penumpang diharap tetap mengenakan sabuk AMANAH & menegakkan kursi IMAN & IKHLAS.
    Penerbangan ini bebas asap DENGKI.
    Atas nama awak kabin yang bertugas,
    Kami ucapkan “SELAMAT MENIKMATI BONUS-BONUS PAHALA. SEMOGA SELAMAT SAMPAI TUJUAN”
    MINAL AIDIN WALFAIDZIN.

  5. maaph lahir bathin akh…..
    baru bs online setelah lama pakum…
    tapi blog ana lom sempet ngisi…. ini aja ngisi punya antum setelah pulang dari tabet-jakarte…
    insyaAlloh minggu depan deh blog ana update lage…

  6. Ping-balik: install salafiDB in Mandy « Oliveoile

  7. @ Bamby:
    klo otak programmer sih, mngkin bkin program lg yg idenya mnggabungkan keduanya…^^

    Nah, apakah si programmer punya cukup waktu (luang) ato tidak, itu soal yg laen lagiii…:mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s