SMS Mania kartu As: murah bener gak sih?

[ temporary update, Friday, 15th Feb 2008, 11:53PM WIB. PERINGATAN! Ada beberapa kesalahan data di artikel ini. Saya belum sempat koreksi, namun silakan merujuk ke komentar terhadap artikel ini. Paragraf ini akan dihapus begitu revisi telah saya “commit“. ]

Ini artikel saya yang kedua tentang program promo TELKOMSEL, “SMS Mania Kartu As”. Artikel pertama di sini. Sekarang, bener murah atau tidak sih?

Sebelumnya, saya perlu sampaikan informasi berikut: saya memakai 2 kartu GSM pra bayar, XL Bebas dan As; so, yang satu adalah Excelcomindo dan yang satu lagi ialah Telkomsel. Saya memakai 2 kartu di 2 HP, jadi keduanya (relatif) selalu standby/online. Informasi berikutnya: saya tipe SMS, artinya orang yang cenderung memakai SMS untuk komunikasi via HP. Bagaimana pun, saya sebut “murah” sampai saat ini paling tidak, itu dipengaruhi pula oleh hal-hal yang saya informasikan tadi.

Ok, sekarang kita bicara tentang kalkulasinya itu sendiri. Untuk nominal per SMS telah jelas ya: kuota 400 SMS ke semua operator seharga Rp 20.000,- berarti Rp 50,- per SMS. Berlaku selama sebulan (30 hari) sejak tangal registrasi. Plus, sifatnya “prioritas”; yakni, program promo ini akan didahulukan jika memang ini yang Anda ikuti di saat terakhir, artinya pula, ini akan membuat promo “100 SMS gratis” Anda paused.

Berapa volume SMS Anda selama satu kali masa aktif? Paling tidak 100 SMS ya? Jika tidak, mungkin ada baiknya mempertimbangkan ganti kartu atau ganti operator.

Mengapa saya perkirakan 100, lalu saya sarankan ganti kartu/OP๐Ÿ˜‰ jika kurang dari itu? Sebab, dengan volume 100 SMS per masa aktif:

  • margin pemakaian pulsa Anda adalah antara (Rp 99,- x 100) sampai dengan (Rp 299,- x 100). Artinya: Rp 9.900,- sampai dengan Rp 29.900,- (saya ambil nilai min dan max saja). Lalu ingat bahwa,
  • counter pemakaian pulsa, yang dipakai sebagai dasar apakah Anda berhak atas 100 SMS gratis atau belum, akan reset jika masa aktif habis. Saat Anda lakukan isi ulang, dan mulai SMS lagi, counter akan kembali mulai 1, 2 dan seterusnya. CMIIW. Padahal,
  • jika pemakaian pulsa Anda lebih dari Rp 25.000,- dalam satu kali masa aktif, maka ketika masa aktif tersebut berakhir, kartu As Anda otomatis akan aktif (lagi) tanpa harus isi ulang. Inilah yang, setahu saya, disebut “gak ada matinye” oleh Telkomsel. Jika tidak demikian, yaa… kartu As kita tetap saja bisa angus; dasar Telkomsel…
  • Jadi jelas bukan, bahwa ada beberapa kondisi yang membuat Anda tidak dapat “hadiah” 100 SMS gratis (ke sesama Telkomsel). Dengan volume 100 SMS saja Anda tak akan pernah memperoleh 100 SMS gratis jika Anda SMSan melulu dengan sesama As. Apalagi jika volume SMS Anda cuma 50 SMS dalam satu masa aktif (satu bulan)… Rugikah Telkomsel dengan promo 100 SMS gratis itu? I don’t think so

Dengan memberikan 100 SMS gratis hanya ke sesama produknya, maka cost yang dikeluarkan Telkomsel ialah: antara (Rp 99,- x 100) sampai dengan (Rp 149,- x 100) atau antara Rp 9.900,- hingga Rp 14.900,- Maka sebenarnya “rugi” jika mendapatkan 100 SMS gratis setelah “cukup banyak” mengirim SMS ke OP lain, hehe… Anda yang memakai 1 kartu pasti tak terhindar dari “problem” ini.

Ah ya, kita kembali ke topik awal tentang promo “SMS Mania”. Ada cukup banyak kondisi yang mempengaruhi program promo ini cocok bagi Anda atau tidak. Bagi saya ini murah, atau, at least layak dicoba. Volume SMS saya tinggi sekali (ah, lagi-lagi saya memakai istilah yang bersifat relatif). Taksiran kasar saja, 150 SMS per bulan, via As; jangan lupa saya memakai XL juga, kira-kira 100 SMS. Saya jarang telepon, dan kedua kartu saya “tak bersahabat” jika dipakai menelepon. Walau akhirnya tak lagi demikian sejak saya beralih dari XL Jempol ke XL Bebas.

Jumlah 150 itu sebenarnya jauh dari “400”. Kita hitung dulu apa yang kita peroleh dengan uang Rp 20.000,- jika kita ikuti promo ini, dibandingkan dengan jika kita tak ikut. Pakai tabel saja yaa…

Status (dg pulsa = Rp 20.000,-) Max. SMS Min. SMS Bonus promo 100 SMS gratis Grand total
tidak ikut promo “SMS Mania” 20.000/99 = 202 20.000/299 = 66 2 x 100 = 200 402 max
ikut promo “SMS Mania” 400 0 suspended/paused 400

Oh ya, sebelum lupa: bahwa saya tidak menghitung kelebihan Rp 5.000,- yang ada jika Anda mengisi pulsa nominal Rp 25.000,- karena saya fokus ke prasyaratnya saja (yakni “Rp 20.000,-” itu). Satu lagi, beberapa nilai di tabel merupakan hasil pembulatan.

Prospek yang Anda peroleh jika tidak ikut promo “SMS Mania” ternyata “lebih baik”; Anda berpeluang mendapatkan kuota 402 buah SMS, ke sesama As. Jika digunakan melulu ke lain operator, boros sekali; hanya 66 SMS. Kebanyakan dari kita tentu saja virtually impossible mendapatkan kemungkinan “terbaik” itu. Jadi, yang kita peroleh ada di antara 66 hingga 402. Berapa persisnya? Hehe… saya nggak mau kalkulasi; silahkan dihitung sendiri. Seberapa Anda beruntung, tergantung bagaimana Anda menggunakannya; mungkin pula buntung

Jumlah 402 itu tercapai jika syarat berikut terpenuhi:

  • hanya SMSan dengan sesama pemakai As;
  • bisa secepat mungkin mencapai pemakaian 100 SMS, lalu menghabiskan 100 SMS bonusnya, kemudian mencapai pemakaian 100 SMS sekali lagi kemudian menghabiskan bonus yang kedua kali. Semuanya selesai dalam satu masa aktif.

Jika tidak demikian, paling-paling yang Anda peroleh adalah: mencapai pemakaian 100 SMS, dan mendapat 100 free SMS. Artinya, total 200 SMS; no more no less. Tentu saja, sisa pulsa Anda (jika ada) juga merupakan keuntungan tersimpan.

Di manakah keuntungan mengikuti promo ini?

Anda mungkin telah jemu membaca tulisan saya yang panjang berbelit-belit. Dan, ya, benar. Anda bisa buntung mengikuti promo ini, jika syarat dan ketentuan berlakuโ„ข tidak Anda perhatikan. Bagi saya, keuntungannya yang saya maksud ialah:

  • kepastian “kadar keberuntungannya” lebih tinggi; satu-satunya penentu apakah Anda beruntung betul akhirnya, ataukah malah buntung, adalah Anda sendiri. Kuota 400 itu jelas, pasti; tentang apakah kita bisa memaksimalkannya, itu bersifat subyektif. Kalau saya, saya yakin bisa. Kalau Anda? Silakan dijawab sendiri.
  • Saya tak pusing & khawatir dengan rumitnya kalkulasi normal, dengan adanya promo “100 SMS gratis” sekalipun. Dalam situasi normal seperti itu, faktor yang “samar” atau “kabur” ialah ke mana SMSan itu cenderung Anda lakukan. Pada sesama As? Atau sesama produk Telkomsel? Atau bisa jadi ke operator lain? Ini faktor yang cenderung inkonsisten. Ya ya, relatif…๐Ÿ™‚
  • Saya juga memakai XL Bebas, yang notabene (relatif) murah untuk telepon tapi mahal untuk SMS, bahkan SMS ke sesama XL sekalipun. Jika mengisi ulang dengan paket Xtra, kita mendapat kuota tertentu untuk SMS gratis ke sesama XL; kuotanya tergantung nominal isi ulangnya. Jeleknya paket isi ulang Xtra, masa aktifnya sangat singkat. Dalam situasi semacam ini, keberadaan promo “SMS Mania” bisa meningkatkan level “availability” saya. Jika saya tak bisa membalas SMS (dari mana pun) yang masuk ke XL saya, baik karena tarif SMS XL Bebas yang mahal atau pun karena sedang dalam masa tenggang, saya bisa gunakan As. Dan tarif SMSnya flat.

Sampai di sini, saya rasa cukup cerita tentang alasan saya mengapa saya mengikuti promo “SMS Mania” ini. Tidak ada maksud untuk ofensif. Hanya untuk berbagi; dan saya senang serta berterima kasih jika ada yang mengoreksi analisis saya.

Sedikit nasehat: tak ada penjual yang bersedia rugi secara sengaja, walau dunia bisnis itu selalu di antara dua kondisi, kadang rugi, kadang untung. Pemasukan sama dengan pengeluaran, ini artinya rugi. Seperti juga dalam kehidupan; harus selalu lebih baik dari hari kemarin; hari ini sama dengan kemarin, berarti rugi… Oleh sebab itu, lebih baik waspada dan cermat dalam menghadapi segala promo dari vendor mana pun. Menguntungkan bagi kita (konsumen) atau tidak, sangat terpengaruh pada kondisi kita. Kuncinya adalah pengenalan dan pengendalian diri.

Halah… Klasik…:mrgreen:

38 responses to “SMS Mania kartu As: murah bener gak sih?

  1. Aduh, saya makin pusing nih… Apalagi saya sangat loyal dengan Telkomsel (tapi saya ndak mau mati demi Telkomsel loo.. Hehehe.. Mati Jahiliyah namanya), jadi saya kesampingkan segala perhitungan yang menyangkut Ekselkomindho (sengaja ngetik salah2). Karena eh karena, Telkomsel bisa ON di segala suasana (halah) alias tempat (nah, ini baru bener…). Dan availability seperti itu, yang sulit digantikan operator lain. Maaf ya, buat yang penggemar produknya Ekselkomindho..๐Ÿ˜›

    Anda benar tentang perhitungan apakah menggunakan SMS Mania jadi buntung atau untung: relative. Kalo saya sih, tipe gerilyawan SMS, daripada tilpun, dan sebulan bisa lebih dari 300 SMS (200 sms ori + 100 gratisan). Jadi saya pake SMS Mania ajah..๐Ÿ˜€

  2. Mmm.. Saya baru sadar data di tabel Anda. Sepertinya ada yang perlu dikoreksi. Mohon koreksi saya kalo saya salah dalam mengoreksi Anda (halah, kata2nya ribet, saya jadi pusing..๐Ÿ˜› )
    – Kayaknya SMS ke sesama As (atau ke sesama Telkomsel) juga dihitung. So, 50 SMS ke sesama As + 25 SMS ke Telkomsel + 25 sms ke OP lain = 100 SMS total. It means that you deserve to get free 100 SMS. CMIIW..
    – Kalo counter SMS udah 100, kan dapet 100 SMS free. Tp, kalo udah sampe 200, ga ada tambahan 100 SMS lagi (karena berada dalam satu masa aktif). Contoh : 1-jan-2008 counter 0. 15-jan-2008 counter 100 (dapet 100 sms gratis). Berarti *899# nunjukin “Anda telah memakai 100sms. blablabla. Anda memiliki 100 SMS gratis”. Sampe di sini, yang masuk ke counter adalah yang SMS ke op lain, soalnya klo kirim ke As, berarti diitung gratisan alias counter SMS gratis turun satusatu. Kita terus2an SMS ke op lain sampe counter 200, pd tgl 20-jan-2008 misalnya, dan counter SMS gratis turun jadi 50SMS (misal). Apakah counter SMS gratis jadi 150 SMS (karena mendapat tambahan 100 SMS) ? Jawabannya: tidak. Saya udah coba.๐Ÿ˜€

    Dua hal di atas mencoba untuk menjelaskan tentang hal berikut (yang saya rasa keliru)

    bisa secepat mungkin mencapai pemakaian 100 SMS, lalu menghabiskan 100 SMS bonusnya, kemudian mencapai pemakaian 100 SMS sekali lagi kemudian menghabiskan bonus yang kedua kali. Semuanya selesai dalam satu masa aktif

    Mohon maaf kalo ada salah kata. Mudah2an pengguna As bisa bijak menentukan apkah mau ikut SMS Mania atau tidak. Eh, btw Bos.. Di situsnya As (yang banyak flash2an yg bikin lemot) kok ga ada news ato semacamnya ya? Tuh situs udah mati kali ya Bos? Kalah gaul dibanding M3 yang udah bikin layanan ngeblog lewat SMS yak?๐Ÿ˜€

  3. @Sangprabo;
    #1 Saya mendukung keputusan Sdr bwt memakai/mengikuti promo ini, bukan karena saya disogok Telkomsel agar nyeles๐Ÿ˜€
    Tapi karena sikon terpenuhi:
    – tipe SMS
    – high volume
    – single card *just guessing๐Ÿ˜‰ *
    Ketiga sikon di atas, IMO, saling menguatkan; beda jika misal, Sdr tipe SMS, low volume, dual card (with/without 2nd HP). Sikon seperti ini (yang saya misalkan itu) adalah kombinasi yang sulit sebab tidak saling menguatkan…
    Tentang availability jaringan, ada kecil kemungkinan Telkomsel pun bermasalah. Ada dua contoh, di sekitar masjid kampus saya, laporan teman menyatakan sinyal Telkomsel lemah. Yang kedua, Kamis dini hari dlm perjalanan ke Djogja dari Pacitan, ada 1 blank spot bagi Telkomsel, dan (kebetulan?) sinyal XL penuh. FYI, track Pacitan – Djogja berliku dan naik turun gunung. Kita tau jargonnya Telkomsel tu apa ttg coverage jaringannya; di “tiap kecamatan” klo saya gak salah ingat. Dan kita tau pula, bahasa marketing seperti itu udah biasa tidak 100% benar. Paling gak, ambigu.

    #2 ’bout deserve thing… Hehe, iya mungkin; dan akan lebih akurat jika saya tambahkan bahwa sebabnya bukan cuma “deserve” saja, ttp mostly karena saya tipe orang yg “keep connect” dan agak strict soal protokol komunikasi. Hobi saya di saat “senggang” ialah mengirim SMS berisi quotes, smileys dan yang sejenis itu๐Ÿ˜‰
    Ada pula ya orang yg keep connect maksudnya, diwujudkan dg sering misscall; bagi saya, misscall itu gak jelas maksudnya. Mending SMS๐Ÿ˜€
    Tentang data di tabel… Ya ya, saya rasa itu salah. Nah, kebetulan pas momennya. Ini adalah salah satu contoh lain tentang pemanfaatan bahasa marketing untuk mengakali user.
    Saat saya menggunakan 100 SMS, lalu mendapat bonus 100 free SMS; dan itu pun saya habiskan, kemudian saya menggunakan (lagi) 100, maka saya akan berpikir, “wah, (bakal) dapet gratis 100 lagi nih”. Proses deduksi yang benar, menurut saya. Eh, ternyata tdk demikian ceritanya. Ketika dikomplain, CS-nya Telkomsel mungkin berkilah gini, “Loh, mas… Kami khan tidak bilang bonus gratis itu akan Anda dapatkan setelah SETIAP pemakaian 100 SMS reguler. Itu ntuh cuman sekali, dalam satu periode aktif. Makanya thoo… nanya dulu sebelumnya.”
    Dan mungkin saya akan menjawab dengan sebelnya, “Tanyaken…napa?”๐Ÿ˜†
    Tabelnya akan saya betulkan, namun yg salah biar tetap di atasnya demi untuk pengingat bagi saya dan yang lain yang telah “salah” dalam berlogika (menurut Telkomsel). *betulinnya ntar, sekarang njawab koments dulu*

    #3 Ya, situsnya berat sekali; terlalu banyak “eye candies” sehingga lemots๐Ÿ˜•
    Apa Telkomsel cenderung mengasumsikan pelanggannya orang kaya ya? Kalangan corporate gitu… *pikir mereka, bah!*๐Ÿ‘ฟ
    Mereka juga gak gitu ngurus status perbaruan situsnya; tapi yang gni gak cuma Telkomsel koq. Kejelekan yg lain, informasi sensitif malah letaknya tak mudah ditemukan; gak tau deh maksudnya apa…

    #4 Waduh, heibats dunk, belom 24 jam udah 52 SMS; saya aja yg daftar tgl 12 Feb (sesuai contoh) baru menghabiskan 85 SMS. Ya gimana ya, SMS khan perlu sikon interaktif. Jika SMS-SMS kita tak dibales, apa iya SMS teruss… Kalau telpon sih, mau nyerocos gak masalah deh yg ngedengerin *ya ya, relatif lagi*:mrgreen:

    #5 BTW, info via *889# itu bahasanya memang seperti ini:

    …Gunakan 100 SMS/bulan dan dapatkan 100 SMS gratis…

    Ha!
    Sapa bilang kalo bisa 100 SMS lagi, bakal dapet bonus 100 lagi, ya “rugi” dunk kami (kata mereka mungkin gini).
    Jadi jelas, saya yang salah alias kurang hati-hati *wah, termakan nasehatnya sendiri:mrgreen: *

    *wadoh, mo betulin data, ngantuuux…*๐Ÿ˜

  4. @ Hyorinmaru
    Terima kasih banget responnya.๐Ÿ™‚
    “Hobi saya di saat โ€œsenggangโ€ ialah mengirim SMS berisi quotes”. Kita setipe Bos!๐Ÿ˜€

    Sungguh, saya tidak bermaksud untuk merasa diri ini pintar atau apa. Maafin saya ya kalau kalimat saya agak sedikit menyinggung…๐Ÿ™‚ Saya cuma mau berbagi pengalaman, sesama pengguna Kartu As (saya sudah pake As sejak awal semester kuliah, sekarang saya udah mau lulus. Err.. berencana lulus..๐Ÿ˜› ). Karena kita tau, bahasa orang marketing canggih2, jadi kudu ati2 dan tetap jaga persatuan dan kesatuan sesama pengguna (kayak power rangers ajah).

    Soal situs, kayaknya kita mesti bikin petisi online nih. Atau ada saran lain ga? Kalo datang ke Grapari dan cuma mau protes soal situs sama CSnya kira2 garing ga ya?๐Ÿ˜€ Kadang2 Firefox saya jadi crash, kebanyakan flashnya.๐Ÿ˜ฆ Kenapa sih perusahaan sebonafid telkomsel ga bikin yang simpel tapi informatif aja? Tuh situsnya Speedy juga agak gimanaa gtu. Lagian kok di tempat saya ada speedykalbar.com ya? (domain sendiri, subversif gitu.. )

    @ Sadat at Rayyan
    Kayaknya udah dijelasin d tulisan sebelumnya

  5. Bos bos bos…
    Sya barusan dikirimin SMS dari Telkomsel, 3 kali, bunyinya

    Sehubungan dengan perubahan yang kami lakukan pd promo SMS MANIA, kami akan mengembalikan seluruh pulsa sebesar Rp. 20ribu dan menambahkannya langsung ke No Anda

    Saya cek ke *888#, pulsa saya kagak nambah2 tuh.. Terus *889# juga tetep 259 sisa SMS MANIAnya..

    Pengganti promo SMS MANIA adalah Promo SMS Murah, Rp.10ribu dpt 200SMS murah ke seluruh pelanggan Telkomsel & SMS harga ke operator lain

    Nah, bingung bingung deh… Terus sepertinya SMS terbaru ini adalah SMS pembetulan SMS sebelumnya (mungkin karena buru2 ato gimana.. )

    Pengganti promo SMS MANIA adalah Promo SMS Murah, Rp.10ribu dpt 200SMS murah ke seluruh pelanggan Telkomsel & SMS setengah harga ke operator lain

    Hihihi… Sepertinya kita mesti hitung2an lagi nih Bos.. Pilihan mana yang lebih murah. Ayo cepet postiiingg..๐Ÿ™‚

  6. Bos lapor Bos…
    Daku barusan ngecek pulsa, udah ditambahin 20rebu(sebelumnya 36731, sekrg 56731) dari Telkomsel. Terus jatah SMS Manianya hilang (kalo ga salah sisa 240SMS). Wah, coba habisin dulu ya? *tamak*:mrgreen:

    Daku coba SMS ke As, biaya tetep Rp 99, counter naek, normal. Mungkin ada prosedur sendiri untuk memakai “SMS Murah” ? Atau sama dengan registrasi SMS Mania ya? Ntar daku coba lagi. Pantengin terus perkembangan fitur kartu AS yang ‘ndak jelas’ ini, hanya di situs kesayangan kita bersama: hyorinmaru.wordpress.com !:mrgreen:

  7. Lapor lagi nih…
    Barusan nyoba kirim SMS ke 8999 dengan pesan “SM” (sama dengan prosedur SMS Mania), terus dapet jawaban

    Apakah Anda ingin membeli paket SMS Promo Kartu As(200 SMS)? Ketik YA utk melanjutkan, ketik TIDAK utk berhenti, kirim ke 8999. Biaya pembelian paket Rp. 10000

    Ketik YA, pulsa berkurang Rp 10.299 (hehe.. dasar. Kagak dibilangin kalo bales SMSnya juga dikenai biaya.. :P). Tak lama dapet balasan

    Terima kasih telah membeli paket SMS Promo Kartu As. Anda mendapatkan 200 SMS utk ke sesama nomor Telkomsel. Nikmat juga tarif murah SMS ke operator lain hanya Rp 149/SMS selama periode aktif paket Anda. Utk cek jumlah SMS yg Anda miliki ketik SALDO, kirim ke 8999. Masa aktif paket Anda sd 06-03-2008

    Coba-coba dengan ngetik *889#

    Anda telah memakai 64 SMS. Gnakan 100 SMS/bln & dapatkan 100 SMS gratis. Anda memiliki: 200 SMS Promo

    Ada yang menarik nih…
    – harga, jumlah SMS, dan masa aktif semua dipangkas separuhnya. Harga : 10000, SMS 200, masa aktif 15 hari.
    – Dihitung2, 200 SMS 10000 berarti Rp 50 ke sesama telkomsel ya? Kalo SMS ke op lain, daku udah coba, dipotong Rp 149. Dan tidak memotong jatah 200 SMS ke sesama Telkomsel. Counter yang 64, jadi 65. Berarti tetep diitung dan bisa dapet 100 SMS gratis klo udah dapet sampe 100 SMS. Cihuy!:mrgreen:

    Demikian yang bisa saya laporkan langsung dari lokasi kejadian. Kini kita kembali ke rekan Hyorinmaru di studio 8 Jakarta. Silakan Hyorin!

  8. eh bro gua mau nanya nih jadi kalo sms murah cuma belaku ampe 15 hari doank….wagh rugY donk yaP…???tapi apa-bener cuma 15 hari??tolong jaWeB..

  9. buat DRE”Y kayanya ga bener kalo cuma 15 hari, yg gw tau sms mania sekarang mengikuti masa aktif, jadi kalo daftarnya pas waktu masa aktif tinggal 15 hari ya berarti cuma segitu waktunya, tapi kalo daftarnya waktu awal masa aktif berarti jadi 30 hari…

  10. Koreksi dikit. Kemarin daku daftar tanggal 22 Februari (awal masa aktif tanggal 21, sehari sebelumnya). Tapi, habisnya di tanggal 6 Maret 2008. Jadi cuma 14 hari ajah. Correct me if i’m wrong…

  11. # hyorinmaru
    Bos, daku baru dapet SMS dari ISI PULSA. Nikmati bonus 50 SMS on net dengan syarat masih aktif sampai 04/04/08. Segera isi ulang kartu As Anda, terimaksih.

    Entah apa lagi maksudnya nih.. :p

    # Rizky
    Maksudnya tarif SMS jadi 1/2 harga ke operator lain: dulu = Rp 299, sekarang dengan menggunakan SMS Murah, menjadi Rp 149/sms. Tarif tersebut di luar biaya sebesar Rp 10.000 yang kita bayarkan.๐Ÿ™‚

  12. @ ALL…
    Terimakasih banyak responnya.
    Yang mau copy silakan aja; inget, ada kekurangakuratan di artikel saya ini… You have been warned๐Ÿ˜‰

    @ Sangprabo:
    Saya ga dapet SMS gitu tuh๐Ÿ˜ฎ
    Maksudnya apa yach… Mo nipu konsumen lagi?๐Ÿ˜†

  13. Gatau maksudnya paan tuh. Sayang ya, harusnya ada informasi resmi dari official sitenya kartu As. Ah, secara telkomsel gitchu loh…

    Barusan ngecek dari *888#, katanya “Setelah bicara 2 menit,gratis 3 menit ke semua operator”. Wah, berarti makin murah juga dong nelponnya nih?๐Ÿ˜€

  14. @ Sangprabo:
    Tidak Bro…
    Itu sama sekali tidak murah. Tapi yaa… “murah” kn relatif. Bs jd itu murah buat orang/kalangan trtentu. Maksut saya lbh jelasnya: “tu gak murah, bagi saya”:mrgreen:
    Ntar deh, saya bikin perbandingannya, saya kn pake AS, XL Bebas dan im3. Klo mlm ini gak keburu lg… Besok pagi mo liburan ke Djogja.
    *Love Djogja n U*

    Hm, “U” sapa coba?
    Huehehehe…๐Ÿ˜†

  15. Bagi saya penghematan besar2an, karena dominan pake SMS dibanding telp. Tiap bulan saya bisa menghabiskan sekitar 500-an SMS. Jadi kan dnegan adanya 100 SMS gratis dan SMS Mania bisa menghemat besar2an. Hhehee……

  16. @ sangprabo:
    Hehe, ga sempat mulu; jardiknas unstable, pindah pengelola (sekarang dikelola Pustekom).
    Fitur “chatbox” itu, gbs. It won’t work for me. Coz HP cuman Nokia 3315 (yg baru aj “njeblug” 2 hari yg lalu) ama Nokia 1208 (no GPRS) trus SE T290 (GPRS class 8, tapi dipake buat xL dan suka “full buffer”-nya klo’ dipake akses, ntahlah).
    Singkatnya, “nggak ah”. GPRSnya Telkomsel terkenal mahal. Hehe, apa sih yg murah klo ngomongin Telkomsel? Ada, tapi ga’ significant. IMO.
    Klo’ da HP baru yg agak canggih, mungkin pny ksempatan coba (plus budget juga, bwt pulsanya, hehe).
    *Kapan ya itu…๐Ÿ˜ *
    *Kapan kawin? Kapan..? Kapan? (iklan) *:mrgreen:

  17. tapi w baru kejadian tu , pake sms mania pulsa bekurang jatah 200 sms gak dapat2 dasar telkomsel bodat suka hang operatornya..

  18. iya atu agi situsnya telat update, promo terbarunya dah disebarin kesulruh pengguna tapi situsnya masi yang lama.. masi yg 20/detik padahal dhp w dah 13/detik keseluruh oprt.. katanya.. pcuma aja punya nama besar.. menang tua aja ni telkomsel..

  19. Komunikasi sangat penting bagi saya…yang penting tidak
    trouble seperti telkomsel…sing liyane melu – melu thok
    murah akeh …

  20. beHH….
    saia sms hoLic…
    krasa kok muraHx….
    tetap setia wid AS..!
    apaLagi taRifx tambaH murah…
    serng2 aj puLa gretonganx…
    hoho..

Tinggalkan Balasan

