Multiple Intelligences test – translated

Lanjutan artikel yang lalu. Yang membutuhkan, mohon cermati bahwa pertanyaan tes diajukan kepada Anda secara random, jadi urutan di sini sangat mungkin berbeda dibanding yang Anda terima pada saat Anda menjalani tes di mypersonality.info

Oya, catatan di sini: “rarely” saya artikan “jarang”, itu maknanya “kurang dari 40%”; istilah “sometimes” saya artikan “kadang kala”, itu maknanya “40% sampai dengan 70%”; dan “usually” saya terjemahkan sebagai “biasanya begitu”, maknanya “di atas 70%”. Jawaban tidak saya tampilkan terjemahannya karena semua pertanyaan sama saja jawabannya: rarely, sometimes dan usually. Silakan ditakar sendiri kadarnya😉

Seperti biasa, penerjemahan dilakukan dengan bantuan kamus online: sederet.com dan dictionary.com –favorit saya. Mohon koreksi pembaca yang lebih mahir jikalau ada kesalahan dalam terjemahan ini. Selamat ujian…😎

Waduh, lebih banyak… 80 pertanyaan…😕

  1. My mind is like a computer.

    Pikiran saya layaknya sebuah komputer.

  2. I have set goals for my life.

    Saya telah menetapkan tujuan-tujuan hidup saya

  3. I organize things by category.

    Saya mengorganisasi segala sesuatu berdasar kategorinya.

  4. I think about starting my own business and being self-employed.

    Saya berpikir tentang gimana untuk memulai usaha sendiri dan ‘mempekerjakan diri sendiri’.

  5. I can easily double or triple amounts in my head.

    Saya bisa dengan mudah melipatgandakan atau lipat tigakan bilangan di kepala saya.

  6. I feel alive when I come in contact with nature.

    Saya merasa hidup saat saya kontak dengan alam.

  7. I am athletic.

    Saya atletis.

  8. I like figuring out how things work.

    Saya suka membayangkan bagaimana detil sesuatu bekerja.

  9. I am very well-coordinated and have good motor skills.

    Koordinasi [badan/tubuh] saya baik sekali dan saya punya kemampuan motorik yang bagus.

  10. I know the lyrics and the melody to a lot of songs.

    Saya tahu lirik dan melodi banyak lagu.

  11. I see clear images when I close my eyes.

    Saya bisa melihat gambaran [sesuatu dengan] jelas saat saya menutup mata.

  12. I love the outdoors.

    Saya suka [kegiatan/suasana] di luar ruang.

  13. I am good at solving visual puzzles.

    Saya hebat dalam hal menyelesaikan teka-teki visual.

  14. I am a loner.

    Saya seorang penyendiri.

  15. I enjoy nature walks in scenic places.

    Saya menikmati alam [saat] berjalan-jalan di tempat berpemandangan indah.

  16. I would rather spend the evening at home than at a social event.

    Saya lebih suka menghabiskan waktu sore di rumah daripada di acara sosial [kumpul-kumpul dsb].

  17. I like to attend classes and conferences to learn more about myself.

    Saya suka menghadiri kelas dan konferensi untuk belajar lebih banyak tentang diri saya.
    [tanslator note: maksud kalimat itu saya yakin bukan “mendatangi kelas/konferensi agar bisa belajar banyak tentang diri sendiri” tetapi… “mendatangi kelas/konferensi yang topiknya itu membahas tentang psikologi atau tentang bagaimana meningkatkan pengenalan terhadap diri sendiri, sehingga si ‘saya’ itu bisa belajar lebih banyak tentang dirinya sendiri”. Jadi fokusnya termasuk ada di kelas/konferensi itu.]

  18. I like learning other languages.

    Saya suka belajar bahasa lain.

  19. I notice patterns and changes in the environment.

    Saya memperhatikan pola-pola dan perubahan-perubahan di lingkungan saya.
    [translator note: kata “memperhatikan bisa diganti dengan “perhatian terhadap”.]

  20. I often talk about things I’ve read.

    Saya sering menceritakan lagi apa yang saya baca.

  21. It is easy for me to identify how I feel and why.

    Mudah bagi saya untuk mengidentifikasi bagaimana saya merasa dan mengapa.
    [translator note: frase “bagaimana saya merasa” bisa diganti “bagaimana perasaan saya” atau “perasaan saya” saja.]

  22. I am good at chess or other strategy games.

    Saya hebat di catur atau permainan strategi yang lain.

  23. I am a logical person.

    Saya orang yang logis.
    [translator note: mungkin lebih tepat, “orang yang cenderung selalu memakai logika (dalam apa saja)”. Mengatakan “saya orang yang logis” itu terlalu nampak subyektif; di sini frase alternatifnya fokus ke permasalahan, bukan ke “penilaian diri”.]

  24. I like to write and I am good at it.

    Saya suka menulis dan saya hebat dalam hal itu.

  25. I love to meet new people and make friends.

    Saya senang bertemu dengan orang baru dan berteman.
    [translator note: frase “make friends” secara harfiah ialah “membuat teman-teman baru“, ini terasa ganjil bagi kebanyakan kita. Terkait dengan kalimat terjemahan “senang bertemu dengan orang baru dan berteman” bukan berarti Anda yang tak termasuk tipe ini pasti “suka bermusuhan“. Maknanya adalah, “suka bertemu orang-orang baru dan mengajak mereka berkenalan dengan demikian Anda dan mereka berteman“.]

  26. I like to work with my hands.

    Saya suka bekerja dengan tangan saya.

  27. I really like math.

    Saya sungguh suka matematika.

  28. I notice and enjoy different sounds.

    Saya memperhatikan dan menikmati nada-nada suara yang berbeda-beda.
    [translator note: kata “memperhatikan” bisa pula diganti “mencermati“.]

  29. I wonder how things work.

    Saya bertanya-tanya tentang bagaimana cara kerja sesuatu.
    [translator note: kata “wonder” bisa pula berarti “kagum” atau “takjub“; sayangnya, dua arti ini akan menimbulkan kesan akhir yang berbeda dibanding jika diartikan “bertanya-tanya“. Orang yang kagum atau takjub tidak langsung menyiratkan ketidaktahuan. Tapi “bertanya-tanya” itu jelas memperlihatkan ketidaktahuan.]

  30. My books are my most cherished possessions.

    Buku-buku saya adalah milik saya yang paling saya sayangi.

  31. I enjoy gardening or have always wanted to keep a garden.

    Saya menikmati atau selalu ingin merawat taman.

  32. I learn new skills by doing them rather than reading about how to do them.

    Saya mempelajari ketrampilan baru dengan mempraktekkannya daripada membaca bagaimana cara melakukannya.

  33. I am quick to get involved in social groups and activities.

    Saya cepat bisa terlibat di kelompok dan aktifitas sosial.

  34. I can remember places I’ve been vividly.

    Saya bisa mengingat tempat yang pernah saya kunnjungi secara jelas.

  35. I have a good singing voice.

    Saya punya suara yang bagus untuk menyanyi.

  36. I learn best when I can touch things rather than just look at them.

    Saya belajar dengan hasil terbaik jika saya bisa menyentuh/memegang sesuatu itu dibanding sekedar dengan melihatnya.

  37. I can play an instrument.

    Saya bisa memainkan instrumen [musik].

  38. I love word games.

    Saya suka permainan kata.
    [translator note: di sini maknanya, “suka permainan atau game yang melibatkan kata, seperti menyusun kata dari huruf yang diacak, dsb“. Bukan, “suka bersilat lidah“.]

  39. I notice nature above all other things.

    Saya memperhatikan kepada alam lebih dari yang lainnya.

  40. I notice when others make a grammatical mistake when they talk or write.

    Saya memperhatikan ketika orang lain membuat kesalahan dalam tata bahasa saat mereka bicara atau menulis.
    [translator note: “notice” bisa pula diartikan “tahu“, atau “bisa merasakan“.]

  41. I enjoy team sports.

    Saya menikmati olahraga secara tim.

  42. I enjoy television shows about animals and nature.

    Saya menikmati acara TV tentang binatang-binatang dan alam.

  43. I have a hard time sitting still for too long.

    Saya punya kesulitan jika musti duduk diam dalam waktu lama.
    [translator note:”hard time” maknanya “a difficulty that can be overcome with effort“, yakni “kesulitan yang bisa diatasi dengan usaha susah payah” –menurut dictionary.com.]

  44. Geometry is easier for me than algebra.

    Bagi saya geometri itu lebih mudah daripada aljabar.

  45. I can’t imagine my life without music.

    Saya tak bisa membayangkan gimana jadinya hidup saya tanpa musik.

  46. I like having pets / I love animals.

    Saya punya hewan peliharaan / saya suka hewan.

  47. I usually have a song running through my head.

    Saya biasanya punya lagu tersetel di kepala say.
    [translator note: “running through” cukup susah diterjemahkan; arti paling dekat ialah “to practice, review, or rehearse quickly or informally: to run through a scene“; rehearse = “mengulang“, “melatih” menurut sederet.com. Demi gampangnya saya terjemahkan “tersetel” layaknya kaset disetel. Meskipun demikian, entri “run through” sungguh ada di dictionary.com, berikan keyword “running“, lihat entri nomor 168 bagian verb (used without object).]

  48. I enjoying teaching others.

    Saya menikmati [kegiatan/kerjaan] mengajar orang lain.

  49. I am an abstract thinker.

    Saya seorang pemikir abstrak.

  50. I like sports and exhilarating experiences.

    Saya suka olahraga dan pengalaman [atau “kegiatan”] yang menggembirakan.
    [translator note: penjabaran “exhilarating” ialah, “making lively and cheerful“, yakni “sesuatu yang menimbulkan rasa semangat, riang, ramai“.]

  51. I love crowds.

    Saya suka kerumunan.
    [translator note: maksudnya kemungkinan besar adalah “keramaian“, mengingat “kerumunan” lazimnya tentu ramai.]

  52. I easily remember quotes and famous sayings.

    Saya bisa mengingat kutipan dan perkataan terkenal dengan mudah.
    [translator note: maksudnya “perkataan terkenal” di sini adalah kata mutiara atau pesan-pesan orang terkenal yang biasanya sering dikutip di buku, forum diskusi atau yang lain.]

  53. I like to learn about different kinds of flowers, birds, trees, plants, etc.

    Saya suka belajar tentang macam-macam jenis bunga, pohon, tanaman, dan lain-lain.

  54. I like using fancy words.

    Saya suka menggunakan kata khayalan.
    [translator note: ada banyak arti “fancy” dan semuanya tak begitu jelas mana yang paling tepat di dalam konteks ini. Kemungkinan arti yang lain adalah: kias, muluk.]

  55. I like to be active since I have a lot of energy.

    Saya ingin aktif karena saya punya banyak energi.

  56. I like to spend time thinking and reflecting.

    Saya suka menggunakan waktu untuk berpikir dan melakukan refleksi.

  57. I like to journal.

    Saya suka [membuat] jurnal.

  58. I am a natural-born leader – people follow me.

    Saya seorang yang terlahir menjadi pemimpin – orang mengikuti saya.

  59. I enjoy camping, hiking, walking and climbing.

    Saya menikmati berkemah, bersepeda, jalan-jalan dan memanjat.

  60. I am bothered by pollution.

    Saya [mudah] terganggu oleh polusi.

  61. I can find my way around in unfamiliar places.

    Saya bisa menemukan jalan sendiri di tempat yang kurang saya kenal.

  62. I enjoy photography a lot.

    Saya sangat menikmati fotografi.

  63. I enjoy social events and prefer them to being home.

    Saya menikmati betul acara-acara sosial dan lebih menyukai itu daripada [tinggal] di rumah.

  64. I always look for a rational explanation for things.

    Saya selalu mencari penjelasan rasional atas sesuatu.

  65. I enjoy science experiments.

    Saya menikmati eksperimen sains.

  66. I like puns and rhymes.

    Saya suka permainan kata dan sajak.
    [translator note: “puns” ialah, “the humorous use of a word or phrase so as to emphasize or suggest its different meanings or applications, or the use of words that are alike or nearly alike in sound but different in meaning; a play on words.”, menurut dictionary.com. Bukan “words game“.]

  67. I am good at drawing.

    Saya hebat dalam menggambar.

  68. I can remember songs easily after only hearing them once.

    Saya bisa mudah mengingat lagu dengan mudah hanya dengan mendengarnya sekali.

  69. I have a lot of friends.

    Saya punya banyak teman.

  70. I am good at composition when I am working on art.

    Saya hebat soal komposisi jika saya mengerjakan sebuah karya seni.

  71. English is/was one of my favorite subjects in school.

    Bahasa Inggris adalah/pernah menjadi salah satu pelajaran favorit saya di sekolah.

  72. I am intuitive.

    Saya itu intuitif.
    [translator note: “intuitive” berarti intuitif; bagi yang kurang faham apa itu “intuisi“, atau “intuition“, deskripsinya seperti ini: “direct perception of truth, fact, etc., independent of any reasoning process; immediate apprehension“, yakni “penerimaan persepsi secara langsung tentang kebenaran, fakta dan lain sebagainya secara independen dari segala proses penalaran; penangkapan (hal-hal tadi) dalam seketika“. Beberapa penjelasan yang lain bisa dibaca langsung di sini.]

  73. I love music and have my favorite singers and musical groups.

    Saya cinta musik dan saya punya penyanyi serta grup musik favorit.

  74. I want to understand why I am the way I am.

    Saya ingin memahami mengapa saya tu seperti ini.

  75. I like to counsel others; people often talk to me about their problems.

    Saya suka menerima konsultasi orang lain; orang-orang sering cerita kepada saya tentang masalah-masalah mereka.

  76. I can tell when a note is off-key.

    Saya bisa tahu dan menunjukkan jika sebuah not dimainkan dengan tak semestinya.
    [translator note: “off-key” menurut sederet.com ialah “sumbang“. Deskripsi dictionary.com adalah, “Pitched higher or lower than the correct notes of a melody.”, yakni nada atau not yang lebih tinggi atau rendah dari yang seharusnya.]

  77. I prefer books with a lot of pictures in them.

    Saya lebih suka buku yang ada banyak gambar di dalamnya.

  78. I notice colors and shapes.

    Saya memperhatikan warna dan bentuk.

  79. I am usually singing or whistling or tapping a song.

    Saya biasa menyanyi atau bersiul atau mengetuk-ketuk mengikuti suatu lagu.

  80. I am good at knowing what others are feeling.

    Saya hebat kalau soal tahu apa yang dirasakan orang lain.
    [translator note: alternatifnya, “saya hebat kalau soal tahu bagaimana perasaan orang lain“.]

10 responses to “Multiple Intelligences test – translated

  1. Sekedar saran :
    Karena pertanyaan pada Multiple Intelligences diacak untuk tiap pengunjung, kalo mau praktis dan mudah. Sebaiknya terjemahannya di copy-paste ke OOfice/M.Word. Saat membaca pertanyaan di Multiple Intelligences, bila ada kata yang sulit, masuk ke OOffice/M.word yang berisi terjemahan yang sudah kita paste. Gunakan fasilitas “find”, ketik kata/kalimat kunci yang dicari, maka akan segera menuju kata yang kita maksud. Sehingga kita tidak perlu menelusuri tiap kalimat dari nomor 1 – 80 untuk tiap pertanyaan.

  2. Eh.. iya ding. Bener tuh !
    Duh.. kok akalku ga nyampe ke situ ya.. (gini nih orang ga cerdas). Soalnya terbiasa copy-paste dalam rangka hemat akses🙂
    Syukron ya Eko.. makacih-makacih🙂

  3. Ping-balik: coba pahami diri sendiri « summary

  4. @Eko Nugroho:
    Iya.. gara-gara ujian banyak hal trtunda; abisnya musti bolak-balik k Madiun sampe 2x seminggu. Cuappppee decchhh…
    Moga-moga ujiannya sukses. Biar bs posting lg😉

Tinggalkan Balasan

