Personality test – translated

Mulanya saya membaca artikel tentang tes kepribadian di mypersonality.info; tes ini sebenarnya sudah saya ambil sekitar November tahun lalu. Di salah satu komentar artikel tersebut ada keluhan tentang “bahasa”. Memang, tes ini berbahasa Inggris (ya, tentu saja, apa sih hari ini yang bagus-bagus yang ngga’ pake’ bahasa Inggris?). Saya coba buat terjemahannya, utang janji ama mbak Pratanti, si empunya artikel itu tadi.

BTW, pertanyaannya disajikan secara random alias acak, jadi Anda yang butuh terjemahan silakan cari sendiri yaa karena urutan di sini tentu beda dengan di mypersonality.info (tapi semoga pertanyaannya tak berubah). Saya sajikan aslinya dulu, lalu terjemahannya dalam blockquote. Maafkan jika ada yang kurang akurat. CMIIW please…😉

Catatan: bagian yang ada di dalam kurung siku merah, itu adalah penjelasan tambahan saya. Beberapa idiom tak bisa saya terjemahkan, mohon pembaca yang lebih mahir mengoreksinya. Saya menggunakan bantuan sederet.com dan dictionary.com untuk membantu penerjemahan. No “real” dictionary😉

  1. Being the center of attention is
    • exhilarating
    • uncomfortable

    Menjadi pusat perhatian itu rasanya

    • menggembirakan
    • tidak nyaman
  2. I am drawn to
    • what is immediate
    • hidden meaning and inspiration

    Saya tertarik kepada

    • apa yang tampak secara langsung
    • makna yang tersembunyi dan inspirasinya
  3. When there is a need to correct someone, I am
    • afraid to hurt their feelings
    • quick to do it

    Saat ada kesempatan untuk mengoreksi orang lain, saya

    • takut menyakiti perasaan mereka
    • bisa melakukannya segera
  4. I prefer to spend time
    • introspecting
    • interacting with people

    Saya lebih suka meluangkan waktu untuk

    • introspeksi diri
    • berinteraksi dengan orang-orang
  5. When paying at a store I often
    • have conversation with the cashier
    • pay and leave without chit-chat

    Saat membayar di toko saya seringkali

    • bercakap-cakap dengan petugas kasir
    • bayar lalu pergi tanpa ngobrol-ngobrol
  6. More often than not, I
    • am adaptable
    • like a plan that is “set in stone”

    Lebih sering daripada tidaknya, saya

    • bisa beradaptasi
    • layaknya tanaman yang “tumbuh di batu”
  7. I am more likely to invest in
    • proven methods
    • promising new ideas

    Saya lebih cenderung untuk mencurahkan modal di

    • hal yang telah terbukti metodenya
    • ide-ide baru yang menjanjikan
  8. I tend to
    • focus on details
    • see the big picture

    Saya cenderung untuk

    • fokus kepada detilnya
    • melihat gambaran besarnya
  9. I prefer to work
    • in a team
    • alone

    Saya lebih menyukai bekerja

    • dalam tim
    • secara sendirian saja
  10. I prefer to
    • leave things the way they are
    • see how I can change things

    Saya lebih menyukai

    • membiarkan segala sesuatu sebagaimana adanya
    • mencoba bagaimana kiranya saya bisa mengubah hal-hal itu
  11. When in conversation, I
    • am careful to avoid conflict
    • say things as they are

    Di dalam percakapan, saya

    • berhati-hati untuk menghindari konflik
    • mengatakan bahan pembicaraan apa adanya
  12. When around other people I
    • start conversation
    • keep to myself

    Ketika berada di sekitar orang-orang, saya

    • memulai percakapan
    • berdiam diri
  13. When I have a task to complete, I usually
    • get it out of the way
    • wait until the last moment

    Saat saya punya tugas yang harus dituntaskan, biasanya saya

    • membereskannya segera
    • menunggu hingga saat-saat terakhir batasnya
  14. I have more fun engaging in
    • individual activities
    • group activities

    Saya lebih merasa asyik mulai kerja dalam

    • aktifitas individual
    • aktifitas kelompok
  15. I consider myself to be
    • a realist
    • an idealist

    Saya memandang diri saya sendiri sebagai

    • seorang yang realistis
    • seorang yang idealis
  16. At work
    • I get the job done
    • I put things off

    Kalau bekerja,

    • saya bisa menuntaskannya [tepat waktu]
    • saya menunda-nundanya
  17. My thoughts are
    • random
    • orderly

    Pikiran/penalaran saya

    • random [acak, meloncat-loncat]
    • terurut
  18. At work I am
    • task-oriented
    • relationship-focused

    Dalam bekerja, saya

    • berorientasi pada tugas/pekerjaan
    • fokus ke hubungan [dengan rekan kerja]
  19. I want to
    • get to know others
    • get the task done

    Saya ingin

    • tau gimana kerjaan orang lain
    • kerjaan saya beres
  20. When judging others I am
    • partial
    • impartial

    Ketika menilai orang lain, saya

    • melakukannya secara parsial [makna: sebagian, memihak, berat sebelah]
    • melakukannya secara imparsial [makna: utuh, adil, tidak memihak, tidak berat sebelah]
  21. Clutter in my home
    • bothers me
    • is not something I notice

    Kekacaubalauan di rumah saya,

    • mengganggu saya
    • bukan sesuatu yang saya perhatikan
  22. My ways tend to be more
    • conventional
    • revolutionary

    Adat kebiasaan saya cenderung lebih ke arah

    • konvensional
    • revolusioner
  23. On a free night I like to
    • spend a quiet night at home
    • go out with friends

    Di malam yang senggang, saya suka

    • meluangkan malam yang tenang itu di rumah saja
    • pergi ke luar dengan teman-teman
  24. I see life
    • as it is
    • as it could be

    Saya melihat hidup ini

    • sebagaimana adanya
    • sebagaimana kehidupan itu “bisa jadi”-nya
  25. I am more comfortable with
    • rules
    • principles

    Saya merasa lebih nyaman dengan

    • peraturan-peraturan
    • prinsipnya aja gimana
  26. I usually leave for appointments
    • at the last possible moment
    • with extra time to spare

    Saya biasanya menuju ke acara janjian

    • di detik-detik terakhir menjelang waktunya
    • cukup lama sebelum waktunya
  27. I make new friends
    • over time
    • quickly

    Saya bisa mendapatkan teman baru

    • secara berkala
    • dengan cepat
  28. I enjoy time spent
    • with a group of friends
    • alone or with one close friend

    Saya menikmati waktu luang

    • bersama sekelompok teman
    • sendirian atau bersama seorang teman dekat
  29. After a social gathering I feel
    • drained
    • energized

    Setelah suatu ‘acara sosial’ [kumpul-kumpul, dsb], saya merasa

    • terkuras
    • ‘bertenaga’
  30. I prefer someone who is
    • efficient
    • empathetic

    Saya lebih suka seseorang yang

    • efisien
    • punya empati
  31. When the phone rings I
    • wish I could ignore it
    • pick it up right away

    Ketika telepon berbunyi, saya

    • berharap saya bisa mengabaikannya
    • mengangkatnya segera
  32. I like to finalize decisions
    • only when necessary
    • early

    Saya suka membuat keputusan final

    • hanya ketika diperlukan saja
    • di awal
  33. My work space is usually
    • disorganized
    • organized

    Ruang kerja saya biasanya

    • tidak teratur
    • teratur/rapi
  34. I entertain myself with my
    • surroundings
    • imagination

    Saya menghibur diri dengan

    • apa/siapa yang di sekeliling saya
    • imajinasi saya
  35. I value
    • justice
    • mercy

    Saya menghargai

    • keadilan
    • belas kasihan [atau kemurahan hati]
  36. Talking about feelings and emotions is
    • easy
    • difficult

    Bicara tentang perasaan dan emosi adalah

    • hal yang mudah
    • hal yang sulit
  37. It is important for me to
    • conserve my energy
    • spend my energy

    Penting bagi saya untuk

    • menghemat tenaga saya
    • menggunakan tenaga saya
  38. I am
    • free-spirited
    • structured

    Saya itu

    • berjiwa bebas
    • terstruktur
  39. When dealing with problems I focus on the
    • issues
    • people

    Ketika menghadapi masalah, saya fokus ke

    • halnya/intinya
    • orangnya
  40. I am more likely to have my
    • head in the clouds
    • feet on the ground

    Saya lebih cenderung untuk mempunyai

    • kepala di awan
    • kaki berpijak di tanah
  41. My thoughts are on
    • the “here and now”
    • what lies ahead

    Pikiran saya ada di

    • “sini dan sekarang”
    • apa yang berada di depan
  42. I am more concerned with
    • my own thoughts and feelings
    • the world around me

    Saya lebih perhatian dengan/kepada

    • pikiran dan perasaan saya sendiri
    • dunia di sekitar saya
  43. Others might perceive me as
    • aimless
    • rigid

    Orang lain mungkin merasa saya itu

    • tanpa tujuan
    • tegar
  44. When in a one-on-one situation I usually do more
    • listening
    • talking

    Saat berada di situasi satu lawan satu saya biasanya lebih banyak

    • mendengarkan
    • bicara
  45. Others might describe me as more
    • practical
    • imaginative

    Orang lain mendeskripsikan saya sebagai orang yang

    • praktis
    • imajinatif/pengkhayal
  46. Change for me is
    • difficult
    • easy

    Berubah itu bagi saya

    • sulit
    • mudah saja
  47. I like
    • timetables and plans
    • to “go with the flow”

    Saya suka

    • jadwal dan rencana-rencana
    • “mengalir” saja
  48. I am
    • objective
    • subjective

    Saya itu

    • obyektif
    • subyektif
  49. With people, I am more often
    • friendly and warm
    • brief and to the point

    Terhadap orang lain, saya lebih sering

    • bersahabat dan hangat
    • lugas dan ‘langsung saja’
  50. I am quick to
    • critique
    • compliment

    Saya cepat untuk

    • mengritik
    • memuji
  51. I am more likely to measure things with
    • total precision
    • approximation

    Saya cenderung mengukur sesuatu dengan

    • ketelitian total
    • nilai perkiraannya saja
  52. I process information through
    • intuition
    • my five senses

    Saya memroses informasi melalui/dengan

    • intuisi
    • panca indra saya
  53. The prospect of social activity
    • usually excites me
    • rarely excites me

    Prospek aktifitas sosial itu

    • biasanya membuat saya tertarik
    • jarang membuat saya tertarik
  54. I prefer speakers that communicate
    • figuratively
    • literally

    Saya lebih suka pembicara yang berkomunikasi secara

    • figuratif
    • literal/harfiah
  55. I take more pride in my
    • goals
    • successes

    Saya lebih bangga pada

    • tujuan-tujuan saya
    • kesuksesan saya
  56. I enjoy a task when I
    • start it
    • complete it

    Saya menikmati suatu kerjaan ketika saya

    • memulainya
    • menuntaskannya
  57. I dislike it when people are too
    • insensitive
    • emotional

    Saya tidak suka ketika orang terlalu

    • insensitif [makna: tidak sensitif, tumpul perasaan]
    • emosional
  58. I usually
    • work, then play
    • play, then work

    Saya biasanya

    • bekerja, lalu bermain
    • bermain, lalu bekerja
  59. I prefer
    • “spur of the moment” activities
    • routine activities

    Saya lebih suka

    • aktifitas dadakan
    • aktifitas yang rutin
  60. I am
    • soft-hearted
    • tough-minded

    Saya itu

    • lemah lembut
    • teguh/keras pendirian
  61. I make decisions based on
    • feelings
    • logic

    Saya membuat keputusan [cenderung] berdasarkan

    • perasaan
    • logika
  62. I get energized by
    • exploring theories
    • learning facts

    Saya ‘bertenaga’ dengan

    • mengeksplorasi teori-teori
    • memelajari fakta
  63. I tend to be more
    • reasonable
    • personable

    Saya orang yang cenderung

    • logis
    • berpenampilan/berkepribadian menyenangkan
  64. I am more excited about what might happen
    • later today or tomorrow
    • in a couple years

    Saya lebih tertarik tentang apa yang mungkin terjadi

    • selanjutnya di hari ini atau besok
    • dalam beberapa tahun nanti
  65. I consider myself to be
    • a concrete thinker
    • an abstract thinker

    Saya merasa diri saya sebagai

    • seorang pemikir hal-hal konkret
    • seorang pemikir hal-hal abstrak
  66. When making decisions I
    • consider the feelings of others
    • don’t consider the feelings of others

    Ketika membuat keputusan, saya

    • mempertimbangkan perasaan orang lain
    • tidak mempertimbangkan perasaan orang lain
  67. I consider myself to be
    • social
    • private

    Saya merasa diri saya sebagai orang yang

    • sosial
    • penyendiri
  68. I am more interested in
    • future possibilities
    • current happenings

    Saya lebih tertarik pada

    • kemungkinan/peluang masa depan
    • peristiwa-peristiwa saat ini
  69. I would classify myself as a
    • lone ranger
    • social butterfly

    Saya menggolongkan diri saya sebagai seorang

    • pengembara yang sendirian
    • social butterfly [harfiah: ‘kupu-kupu sosial‘; dictionary.com: ‘a very sociable person who flits from one social event to another (likened to a butterfly flitting between flowers)‘. Tak bisa diterjemahkan.]
  70. I am governed by my
    • heart
    • head

    Saya dikendalikan/diarahkan oleh

    • hati saya
    • kepala saya
  71. I work better when
    • deciding what to do next as I go
    • following a schedule

    Saya bekerja secara lebih baik ketika

    • memutuskan apa yang harus saya lakukan berikutnya sambil jalan
    • mengikuti suatu jadwal
  72. It is worse to be
    • inflexible
    • indecisive

    Lebih parah menjadi orang yang

    • nggak bisa diubah
    • ragu-ragu
  73. I enjoy
    • getting to know new people
    • spending time with friends I know well

    Saya menikmati

    • tau/mengenal orang-orang baru
    • meluangkan waktu bersama teman yang saya kenal baik
  74. I am most comfortable being
    • a planner
    • spontaneous

    Saya paling nyaman menjadi

    • seorang perencana
    • seorang yang spontan
  75. A quiet weekend at home is
    • rejuvenating
    • boring

    Liburan akhir minggu yang tenang di rumah itu

    • meremajakan [alternatif: ‘membuat lebih bugar’]
    • membosankan
  76. Give me the
    • personal details
    • facts

    Berikan kepada saya

    • detil [pandangan] pribadi
    • fakta-fakta

Mmmh…
Akhirnya selesai juga. Saatnya “istirahat”…😉

23 responses to “Personality test – translated

  1. @ALL: …back to blue!!😉
    @Pratanti: Mm…❓

    …kalau [] namanya kurung siku, trus namanya kurung apa…

    Incomplete question? *compiler_mode=On:mrgreen: *
    @Olive-chan ‘n Herr: berdua pada test juga khan? Kasi tau hasilnya ya Bro ‘n Sist…😉

  2. Membantu sekali dalam pemahaman!
    tp belum sempat juga tuh test😦

    jika dah test… orang yg harus mengerti kita or
    kita yg harus instropeksi bahwa kita banyak kekurangan ?!🙂

  3. Membantu sekali dalam pemahaman!
    tp belum sempat juga tuh test😦

    jika dah test… orang yg harus mengerti kita or
    kita yg harus introspeksi bahwa kita banyak kekurangan ?!🙂

  4. @Jokoo: ngapain double comment Pak❓
    Gunane tes itu IMO ya dua-duanya; buat introspeksi n bantu kita mmahami diri sendiri, n buat bahan orang lain juga agar lbh tepat dalam bersikap ke kita…

  5. Saya sudah tes mas, tapi hasilnya gak keluar ada peringatan belum login je tapi saya sudah login❓ apa waktunya dah habis ya? soale pas ngisi tes, saya buka page ini juga maksudnya biar langsung diterjemahin gitu, klo gak kapan selesainya:mrgreen: , bahasa inggris saya jelek mas😦

  6. @Herr: Mmm.. klo tes emang harus login koq. Buka blog saya di halaman/TAB baru khan? Jangan dicampur di halaman/TAB yg dipake bwt tes… Tp sy pikir mas Herr pinter koq😉
    Mungkin koneksi bermasalah? Btw, saya kirim imel ttg saran-saran. Isinya kurang lebih ya nyinggung koneksi itu..

    Ayo, cepet; ga sabar mo tau hasilnya:mrgreen: *Olive-chan juga, ga ada kabarnya; mana yaa…:mrgreen: *

    *Aduh, inget punya “utang” ke Olive-chan…*😕

  7. Hm… kalo omongin soal hutang, sepertinya hutangnya ga terhitung deh😛
    Kemaren dah tes sih, tapi masih lanjutin yang intelijen itu. Jadwal sibuk banget nih.. so…
    Btw, thingkingq kok lebih tinggi dari feelings ya? apa mungkin kebanyakan main game kalee🙂

  8. @Olive-chan: ihik…😉
    Kalo Olive-chan bhs Inggrisnya percaya dech🙂 Pasti bisalah ngerjain multiple intelegence test tanpa nunggu post transletnya😉
    Knp “T” lebih tinggi drpd “F”? Mungkin krn dasarnya orang TI gtu yaa… Juga jrn gaulnya banyak ama orang TI…
    *Jadi inget keluhan adek gini:

    …blog koq isine wong TIiiiii ae…

    .
    Note: maksutnya, “blog koq isinya orang TI mulu”; huruf “i” itu dibaca panjang..😉

    OOT: suka gaming toh? Apa? Starcraft?😯

    *waa, ga jadi-jadi pulang… asik blogwalking😕 *

  9. hehehe… kok polisi ya❓ gak kepikiran blas, padahal saya kan engineer harusnya kan INTP kayak mase. boleh tukeran gak?:mrgreen:

    tapi gak papa deh, insya Allah klo dah berkeluarga nanti jadi “polisi” bagi anak istri, tul gak?

    *menerawang*

  10. Ping-balik: coba pahami diri sendiri « summary

  11. @Herr and Eko_nugroho:
    Anu…
    Kaitan antara studi dan profesi itu ga selalu (harus) nyambung. Ya, logisnya gitu; tapi logika manusia itu satu hal, logika Ilahiyyah, lain lagi:mrgreen:
    Yang penting adalah, dalam menuntut ilmu (selain ilmu agama) pilih dan tekuni yang cocok dengan kita; cocok baik dlm arti kita telah tahu dan cocok sebelumnya, atau karena temuan kita sendiri.
    Contoh: Fath (me, I mean) suka Biologi, dan dulu A2, nilai Biologi bagus, dan bakat/pinter (kata temen2). Minat lain, bhs Inggris. Jadi ya UMPTN milih Biologi UGM, Biologi Brawijaya n Sastra Inggris UNS. Apa lacur, gagal UMPTN…😀
    Minat laen, Psikologi n Komputer. Akhirnya pilih komputer, masuk lah daku k STMIK aKaKom, jurusan TI-S1 di tahun ’96. Karena satu n lain hal😉 baru wisuda April 2006… 10 tahun…😕
    Sekarang/sementara, sedang brusaha jadi guru TI yang baek di sbuah SMK… *padahal introvert gini, bisanya jadi guru😐 *
    Pokoknya, semangat… asal halal…😀
    …walau rasanya ga matching ama my personality😦

Tinggalkan Balasan

